Gubernur Jambi Al Haris

Rupanya Ini Calon Pj Bupati Kerinci dan Pj Walikota Jambi yang Diusulkan Al Haris

JAMBI, bungopos.com - Gubernur Jambi Al Haris memastikan dirinya sudah menetapkan usulan nama Penjabat (Pj) Bupati Kerinci dan Pj Walikota Jambi.

Hal ini menyusul dengan berakhirnya jabatan Bupati Kerinci Adi Rozal dan Walikota Jambi Sy Fasha karena ikut dalam pemilihan legislatif 2024. Keduanya tak lagi memimpin mulai 4 November 2023 mendatang.

Al Haris diberi waktu oleh kemendagri mengusulkan penggantinya hingga 9 Oktober mendatang.

“Jadi saya sudah menyiapkan langkah-langkah untuk mengirimkan nama-nama ke Jakarta (Kemendagri, red). Mudah-mudahan hari ini sudah masuk nama-namanya,” ucap Haris (6/10).

Diakui Al Haris saat ini masih terlihat dinamika di DPRD Kabupaten Kerinci dan Kota Jambi mengingat DPRD juga punya hak mengusulkan.

“Seperti di DPRD Kota Jambi masih berkembang dinamikanya, ada fraksi yang mengusulkan nama si A dan si B, serta Kerinci juga sama ada beberapa orang yang muncul,” terangnya.

Sementara itu, pejabat yang boleh diusulkan kata Haris yakni Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama atau Eselon II atau Kepala Dinas Pemprov Jambi. Dan dari Kabupaten/Kota yang lazim diusulkan adalah Sekretaris Daerahnya.

Namun Haris menyatakan dirinya mengusulkan Kepala OPD Pemprov. Terkait nama-nama yang diusulkan, Haris masih menutup rapat nama bawahannya yang akan masuk ke kemendagri.

“Iya saya (Gubernur,red) mengusulkan dari pejabat Pemprov semua,” ucapnya. Total ada tiga nama yang ia usulkan, masing-masing untuk Pj Bupati Kerinci dan Pj Walikota Jambi.

Lebih lanjut, terkait pelantikan Pj Bupati Kerinci akan duluan dilantik nantinya. Karena Bupati dan Wabupnya sama-sama maju dalam Pileg.

Sedangkan jabatan Wali Kota Jambi akan terlebih dulu dijabat oleh Wakil Walikota Dr Maulana sebagai Pelaksana Harian (Plh) Walikota hingga akhir masa jabatan aslinya pada 7 November.

“Untuk Kota Jambi saat Walikota habis (jabatannya) 4 November maka 3 hari otomatis dijabat pak Wakil Walikota Plh-nya. Dan tanggal 7 November baru pelantikan Pj Walikota,” jelasnya.

“Sedangkan Pj Bupati Kerinci akan langsung dilantik pada 4 November,” sambung Haris.

Terpisah, untuk Kota Jambi beredar sejumlah nama yang bakal diajukan ke Kemendagri sebagai calon Penjabat Wali Kota Jambi.

Berdasarkan informasi yang diterima media ini, 8 Fraksi di DPRD Kota Jambi telah mengajukan beberapa nama Pj Wali Kota Jambi kepada pimpinan DPRD Kota Jambi. Proses itu sesuai surat edaran Mendagri 26 September 2023.

Diketahui nama-nama yang diusulkan oleh Fraksi di DPRD Kota Jambi tersebut adalah, A Ridwan yang kini menjabat sebagai Sekda Kota Jambi, kemudian Doni Iskandar, Arif Munandar, Jon Eka Powa dan Kemas Fuad yang merupakan Pejabat eselon II di Pemerintah Provinsi.

Ketua DPRD Kota Jambi, Putra Absor Hasibuan saat dikonfirmasi mengaku, pihaknya belum mengajukan nama bakal calon Pj Wali Kota ke Kemendagri.

Memang sebut dia, pihaknya sudah menerima surat edaran dari Mendagri untuk pengajuan nama Pj Wali Kota Jambi tersebut.

Sementara terkait usulan nama dari 8 fraksi di DPRD Kota Jambi ke pimpinan DPRD, Absor belum mau memberikan jawaban.

“Saya lagi di Kerinci. Nanti dilihat dulu ya,” ujarnya.

Ketua Komite Advokasi Daerah (KAD) Provinsi Jambi Nasroel Yasir angkat bicara terkait informasi tersebut. Ia mengingatkan agar proses pengajuan 3 nama Calon Pj Walikota mentaati aturan yang berlaku.

“Jangan cawe-cawe apalagi gratifikasi. KAD harapkan KPK ikut memonitoring proses pengajuan calon yang akan diajukan kepada Mendagri 9 Oktober mendatang, setelah dilakukan pleno pimpinan,” katanya.

Di bagian lain, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kerinci Provinsi Jambi resmi mengajukan tiga nama Calon Pejabat Bupati Kerinci Kamis (5/10/2023).

Informasi yang didapatkan ketiga nama tersebut diantaranya adalah, Tema Wisman, Asraf dan Zainal Effendi. Sedangkan Darifus yang juga ikut mendaftarkan jadi calon PJ Bupati Kerinci tersingkir. Setelah diparipurna DPRD Kerinci menetapkan tiga nama yang dinilai paling layak dan memenuhi persyaratan untuk jadi PJ Bupati Kerinci. Karena sesuai persyaratan DPRD hanya mengajukan tiga nama calon PJ Bupati ke Kemendagri.

“Iya nama diajukan oleh DPRD Kabupaten Kerinci, Pak Tema Wisman, Pak Asraf dan Pak Zainal Efendi, ” kata Pimpinan DPRD Kerinci Yuldi Herman Jumat (6/10/2023).

Sebelumnya sesuai keputusan Rapat Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kerinci yang digelar di kantor DPRD Ujung Ladang, dalam agenda untuk mengusulkan Penjabat (Pj) Bupati Kerinci periode 2019-2024.

Tiga nama calon untuk menjadi Pj Bupati Kerinci dua (2) diantaranya adalah pejabat ASN dari luar daerah Kabupaten Kerinci yaitu Asraf dan Tema Wisman, dan hanya mengusulkan satu (1) orang ASN aktif di Pemkab Kerinci yaitu, Zainal Efendi.

Tema Wisman dan Asraf dikonfirmasi juga membenarkan bahwa sebelumnya sudah menyerahkan berkas pendaftaran jadi PJ Bupati Kerinci. Demikian juga dengan Sekda Zainal Efendi.

Ketiganya mengaku siap dan menunggu keputusan mendagri untuk memimpin Kerinci setelah pengunduran Bupati Adirozal ubah resminya setelah penetapan DCT tanggal 3 November 2023. (aba/hfz/hdp/mg3)

 

Sumber: www.jambiekspres.co.id