Rahman Usman

Sedih Jambi Tak Punya Industri Ban, Adik Marzuki Usman Ini Berkirim Surat ke Pabrik Ban Asal Korea, Ini Isi Suratnya

JAMBI, bungopos.com - Kehadiran bumi sepucuk Jambi Sembilan Lurah sebagai produsen karet alam nomor dua setelah sumatera selatan mengundang keprihatinan dari adik Marzuki Usman, yakni Rahman Usman.

Beliau yang juga salah seorang pengusaha di Batam ini kemarin menyurati Pabrik Ban Hancook Tire Indonesia yang beralamat di Cikarang untuk membuka pabrik ban di Jambi.

Perusahaan ini katanya merupakan perusahaan asing asal Korea yang memproduksi ban mobil merek Hancook.

''Kita sayang Jambi sebagai produsen karet nomor dua tapi tidak punya pabrik ban,'' tuturnya. 

Dengan keberadaan pabrik ban ini lanjutnya akan meningkatkan value addin bagi Jambi sebagai wilayah penghasil sawit. Ditanya seberapa besar peluang pabrik ban tersebut, dirinya menyebutkan bahwa itu besar kemungkinan investor tertarik.

''Asal kita bisa menyajikan data berapa jumlah produksi karet, umur karet, luasan kebun karet dan hasilnya berapa, ada tidak peremajaan dan lain-lain,'' tukasnya.

Dia juga menyarankan agar Gubernur Jambi membuka kawasan industri kerjasama antara BUMD dan pengusaha asal Jambi. Kawasan industri yang cocok katanya, di kabupaten Tanjabtim. 

''Siapkan semua fasilitas disitu dari jalan, listrik, perumahan, telekomunikasi dan lain-lain, nanti BKPM pusat akan memberikan stimulan stimulan seperti tax holiday, izin TKA dan lain-lain. Saya yakin, jika ini disiapkan akan membuat investor tertarik berinvestasi,'' tukasnya. (arm)

 

 

Penulis: Arya Abisatya
Editor: Arya Abisatya