PELANTIKAN : Pelantikan para guru penggerak oleh Wakil Gubernur Jambi H Abdullah Sani.

Pendidikan Tentukan Kemajuan Daerah, Ini Warning Wagub Untuk Guru Penggerak

JAMBI, bungopos.com - Pendidikan merupakan variabel utama yang menentukan kemajuan daerah dan bangsa. Ini juga merupakan faktor dominan dalam meningkatkan peradaban bangsa. Penataan pendidikan karakter bangsa juga menjadi hal penting untuk diperhatikan. Hal ini disampaikan oleh Wakil Gubernur Jambi H Abdullah Sani, saat mengukuhkan guru penggerak di LPMP kemarin.

''Kuatnya arus globalisasi yang saat ini semakin lama secara perlahan telah menggerus moral anak bangsa. Peranan orang tua di rumah dan guru di sekolah sangat diperlukan dalam membentuk karakter anak didik,'' tuturnya.

BACA JUGA: 2024, Begini Jumlah Anggaran Pendidikan


Dikatakan, Wakil Gubernur melalui visi Merdeka Belajar, dirinya berharap para Guru Penggerak dapat mencetak sebanyak mungkin agen-agen transformasi dalam ekosistem pendidikan. Ini diharapkan mampu menghasilkan murid-murid/siswa-siswi berkompentensi global namun tetap berkarakter Pancasila.

''Mari ciptakan pembelajaran dan lingkungan pendidikan yang menumbuhkan semangat siswa, menggali potensi mereka, menguatkan mimpi dan membuat hari anak-anak kita berwarna selama disekolah," tegas Wagub.

BACA JUGA: Bingung Menentukan Jadwal Liburan, Ini Kalender Pendidikan Tahun Ajaran 2023/2024

Lebih lanjut Sani menyampaikan bahwa guru Penggerak harus menjadi pemimpin pendidikan. Dimana bisa menjadikan kebutuhan murid sebagai pertimbangan utama dalam setiap kebijakannya. Baik sebagai Kepala Sekolah, Pengawas Sekolah, maupun bentuk kepemimpinan pendidikan lainnya.

BACA JUGA: Guru Besar IPDN Sebut Paradigma Yang Salah Jika Dana Desa Dibelanjakan Diluar Desa, Ini Penyebabnya


"Saya berharap para Guru Penggerak dapat memberikan gerakan perubahan yang harus dimulai dari diri dan lingkungan tempat bertugas, memberikan pelayanan yang berpihak pada murid, serta menjalin kolaborasi dengan berbagai pihak, baik pemerintah, praktisi, stakeholder, orang tua/wali murid, untuk menciptakan ekosistem pendidikan yang baik," tandas Sani. (arm)

Penulis: Arya Abisatya
Editor: Arya Abisatya