RAKOR : Bupati Bungo, H Mashuri melakukan rakor terkait penurunan stunting dan kemiskinan ekstrem serta pengenalian inflasi.

Turunkan Stunting dan Kendalikan Inflasi, Bupati Bungo Bilang Begini, Pengamat Sarankan Ini

MUARA BUNGO, bungopos.com - Bupati Bungo, H Mashuri ME mengatakan akan fokus melakukan penurunan angka stunting dan pengendalian inflasi. Untuk itu pihaknya akan berkoordinasi dengan Tim Pengendali Inflasi Daerah. Hal ini disampaikannya usai melakukan Rakor Online Pengendalian inflasi bersama Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian. 

"Kami terus berkoordinasi bersama tim TPID Kabupaten Bungo sejauh mana menangani Stunting dan mengendalikan inflasi di Kabupaten Bungo,'' ungkapnya. 

Sementara itu, saat Rakor, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian menegaskan kembali mengenai arahan dari Presiden Joko Widodo  agar pemerintah daerah harus mengendalikan inflasi. Selain itu, harus menurunkan kemiskinan ekstrem, menurunkan Stunting dan yang lainnya.

"Kami ucapkan terimakasih kepada Bapak Gubernur, Bupati dan walikota yang telah mampu mengendalikan inflasi dan Stunting serta mengurangi kemiskinan ekstrem di daerah masing-masing," ucapnya.

Sementara itu, pengamat ekonomi dari Universitas Islam Negeri (UIN) STS Jambi, Dr Mubiyarto mengatakan inflasi di daerah lebih dipengaruhi oleh sisi suply barang dan jasa. Hal ini disebabkan kendala distribusi akibat keterbatasan infrastruktur dan penyebab lainnya. Hal ini akan mempengaruhi tingginya biaya angkut barang. 

''Oleh karena itu, kebijakan fiskal dan moneter saja tidak cukup untuk mengendalikan inflasi tapi juga dibutuhkan kebijakan struktural,'' terangnya.

Kebijakan struktural itu lanjutnya, yakni dengan cara menjaga dan meningkatkan produktivitas hasil pertanian. Selain itu, memperlancar distribusi bahan bahan kebutuhan pangan. ''Perlu didorong pembangunan dan pengembangan infrastruktur,'' tegasnya.

Selain itu katanya, juga perlu didorong terciptanya struktur pasar dan tata niaga yang kompetitif dan efisien. Dampak penyesuaian harga juga perlu dikelola dengan berbagai kebijakan dari pemerintah daerah. ''Perlu didorong ketersediaan informasi terkait produksi, stok dan harga,'' tandasnya. (arm)

 

Penulis: Arya Abisatya
Editor: Arya Abisatya