Jamaah Haji yang masih dirawat dan tinggal di Arab wafat 26 orang / Foto: Dok Kemenag

Jamaah Haji yang Masih Dirawat di Arab Wafat 26 Orang

JAKARTA, bungopos.com- Setelah semua jamaah haji Indonesia pulang, ada 77 jemaah yang masih tinggal di Arab Saudi. Dan dari jumlah ini, 26 orang diantaranya telah wafat.

Sementara itu, dari 77 itu baru 8 jamaah yang diizinkan pulang.

Operasional ibadah haji 1444 H memang telah dinyatakan berakhir oleh Menag Yaqut Cholil Qoumas pada 5 Agustus 2023 lalu.

“Sejak 5 – 18 Agustus, ada 26 jemaah haji Indonesia yang wafat pasca operasional ibadah haji 1444 H,” terang Konsul Haji KJRI Jeddah, Nasrullah Jasam di Jeddah, Senin (21/8/2023).

Untuk jemaah yang sehat, lanjut Nasrullah, mereka diantar pulang ke Tanah Air setelah mendapat surat keterangan layak terbang dari pihak rumah sakit.

Nasrullah menambahkan, saat ini ada 43 jemaah haji Indonesia yang masih menjalani perawatan di RS Arab Saudi. Tim KUH KJRI Jeddah akan terus melakukan pendampingan.

“Sebanyak 20 jemaah sudah mendapatkan surat keterangan layak terbang. Kami saat ini sedang memproses kepulangannya.

Ada empat jemaah yang akan pulang dalam posisi baring dan itu perlu proses untuk mendapatkan seatnya, karena harus menggunakan sembilan seat. Semoga ini bisa segera kita antar pulang,” tutur Nasrullah.

“Kita juga berharap doa dari masyarakat Indonesia, semoga jemaah yang dirawat di RS Arab Saudi ini semua lekas sehat, sehingga bisa kembali ke Tanah Air dan berkumpul dengan keluarganya. Aamiin,” tutupnya. (*)

 

Editor: Balqis
Sumber: Kemenag RI