POLUSI : DKI Jakarta menghadapi problem polusi udara yang cukup tinggi

Hore! ASN Jakarta Bakal WFH

JAKARTA, bungopos.com - Akibat tingginya tingkat polusi udara di Jakarta, pemerintah mencoba merancang agar Aparatur Sipil Negara (ASN) di sana bisa bekerja dari rumah (Work From Home-WFH). Keputusan ini diambil dalam rapat terbatas di Kompleks Istana Merdeka, Jakarta, Senin (14/08).

Pada rapat ini dibahas tentang upaya mengatasi kualitas udara Jakarta yang memburuk akhir-akhir ini. Usai rapat terbatas, Penjabat Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono, mengatakan, pihaknya akan menerapkan kebijakan 'bekerja dari rumah' pada September nanti.

"Mudah-mudahan September ini saya bisa langsung jalanin," kata Heru dalam jumpa pers di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (14/08).

Sementara itu, Menpan RB RI, Azwar Anas menyampaikan bahwa, WFH bagi ASN ini saat ini sedang dikaji oleh pihaknya. Kajian tersebut sedang dilakukan secara intensif dan komprehenshif. Mengingat, saat WFH beberapa waktu lalu, ada yang mengartikan itu sebagai istirahat di rumah. 

Anas menjelaskan, ada beberapa hal yang dipertimbangkan terkait wacana tersebut, yaitu urgensinya, dampak terhadap pelayanan, serta sistemnya. Dia berujar, pihaknya akan menetapkan kriteria pekerjaan ASN yang bisa dilakukan dari rumah. Sedangkan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, pihaknya juga akan melakukan sejumlah upaya untuk mengatasi polusi udara di Jabodetabek. Salah satunya, ujarnya, memperketat uji emisi kendaraan yang melintas di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi.

"Kami nanti bersama-sama pemda, bersama-sama juga dengan kepolisian melakukan law enforcement. Jadi kita perbanyak tempat-tempat uji emisi tapi melakukan law enforcement," kata Budi saat jumpa pers usai rapat terbatas. (***)

Penulis: Arya Abisatya
Editor: Arya Abisatya