Anies dan Susi

Susi Digadang-gadangkan Jadi Cawapres Anies Baswedan

JAKARTA, bungopos.com - Sempat viral di twitter beberapa waktu lalu, nama mantan Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti, kembali masuk bursa bakal cawapres untuk mendampingi Anies Baswedan. Ketua DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Mardani Ali Sera, kepada media online mengaku bahwa Susi Pudjiastuti masuk dalam bursa calon pendamping Anies.

Pada akun twitternya, Mardani mengatakan bahwa salah satu kriteria pendamping Anis adalah mereka yang mampu mendobrak intensif elektoral. Selain itu, calon Wakil Anies ini juga diharapkan bisa menjaga kekompakan dalam tim koalisi partai. 

''Bagi saya parpol punyak hak dan non parpol juga punya kesempatan,'' tuturnya. 

 

Sebelumnya, pengamat politik dari Universitas Jambi, Navarin Karim menilai, siapapun sosok cawapres bagi bakal calon presiden yang ada hari ini, haruslah berasal dari kalangan Nahdiyin. Mengingat, kelompok keagamaan NU ini memiliki massa yang banyak yang bisa mendulang suara dalam pemilu 2024 mendatang. 

''Kelompok NU ini massanya banyak, saya yakin siapapun bakal calon presiden yang berpasangan dengan kelompok ini pasti menang,'' tukasnya.

Sampai sejauh ini, dirinya menilai sosok kalangan NU yang punya kapasitas, kapabilitas dan dukungan partai yang cukup adalah Gus Muhaimin Iskandar. Dan siapapun yang berpasangan dengan Ketua Umum PKB ini dinilai potensi menangnya sangat besar. 

''Cak Imin punya kelebihan yakni basis massa yang jelas, dan punya perahu partai,'' sebutnya. (arm)

 
Penulis: Arya Abisatya
Editor: Arya Abisatya