Jambekspres.co.id

Perguruan Tinggi di Bungo Belum Ada yang Terakreditasi Unggul

MUARA BUNGO, bungopos.com - Di Kabupaten Bungo ternyata belum ada perguruan tinggi yang terakreditasi unggul. Dari website resmi pangkalan dikti, rata-rata perguruan tinggi di Bungo terakreditasi baik. Perkembangan perguruan tinggi di kabupaten Bungo ini boleh dibilang cukup menggembirakan. Sampai hari ini, satu-satu kabupaten di Jambi yang memiliki dua universitas hanya kabupaten Bungo, yakni Universitas Muara Bungo dan Universitas Muhammadiyah Bungo.

Sedangkan perguruan tinggi yang berbentuk institut ada dua yakni, Institut Agama Islam Yasni dan Institut Administrasi dan Kesehatan Setih Setio Bungo. Selainnya masih berbentuk sekolah tinggi.

Tapi di se Jambi juga belum ada perguruan tinggi yang terakreditasi unggul. Dari website pangkalan dikti, rata-rata perguruan tinggi di Jambi terakreditasi baik. Hanya sedikit yang terakreditasi baik sekali. 

Seperti diketahui, akreditasi unggul merupakan sebuah peringkat yang diperoleh Universitas atau perguruan tinggi yang memenuhi standard BANPT (Badan Akreditasi Nasional perguruan tinggi). Akreditasi unggul ditetapkan untuk mengetahui agunan mutu acara studi serta perguruan tinggi. agunan mutu yang dimaksud artinya mutu dalam bidang akademik maupun non akademik. Menurut kebijakan standar mutu pendidikan tinggi, akreditasi unggul bisa diberikan apabila perguruan tinggi memiliki skor Sistem Penjaminan Mutu, Akreditasi Program Studi, Penilaian Penjamin Mutu, dan Penilaian Publikasi Ilmiah diatas 3,25. 

Pengamat Pendidikan Jambi, Mukhlas Nugrah MEd, menyampaikan bahwa akreditasi unggul ini sangat penting. Tetapi untuk mencapai akreditasi tersebut, memang terbilang sulit. ''Mulai dari akademik, penelitian, pengabdian masyarakat, sarana prasarana dan keuangan perguruan tinggi semuanya harus bagus,'' ucapnya.

Untuk mencapai itu lanjut alumni Perguruan Tinggi Malaysia ini, maka perlu memang kerjasama, kekompakan dan modal yang cukup besar. Tapi dengan terakreditasi baik, perguruan tinggi tersebut sudah dibilang cukup bagus. 

''Mencapai standar akreditasi baik itu, perlu juga perjuangan dan prasarana dan sarana yang memadai,'' terangnya.

Untuk mencapai akreditasi baik saja, itu minimal prodinya punya dosen yang doktor . Kalau unggul berarti harus ada yang profesesor. (arm)

Penulis: Arya Abisatya
Editor: Arya Abisatya