Nouhaila Benzina

Ini Dia Pemain Pertama Berjilbab di Piala Dunia

SEJARAH ditorehkan oleh Nouhaila Benzina. Dia merupakan pemain pertama yang berjilbal dalam turnamen piala dunia. Pemain yang memperkuat klub lokal ASFAR itu bermain dalam laga Group H Piala Dunia Perempuan 2023 di Stadion Hiindmarsh, Adelaide, Australia pada Minggu (30/07) lalu.

Pemain sepakbola tim nasional Maroko ini berusia 25 tahun yang berjuang mati matian saat timnas Maroko berlaga melawan Korea Selatan. Dalam laga ini, Benzina dkk berhasil menundukkan tim Korea Selatan dengan skor akhir 1-0.

Nama Benzina memang sudah lama muncul di beberapa situs berita internasional, karena menjadi pemain pertama dalam daftar tim yang mengenakan hijab. Hampir satu dekade setelah peraturan menggunakan jilbab itu dicabut, Benzina menorehkan sejarah baru dalam sebuah pertandingan internasional FIFA. Induk organisasi sepak bola tertinggi di dunia, yakni FIFA, mencabut larangan pemakaian hijab pada 2014.

Seperti yang dikutip dari media internasional, Benzina  sangat bersyukur bisa menggunakan jilbab. Dan dia bangga sebagai pemain muslim. “Kami telah melakukan banyak hal dalam beberapa tahun belakangan [untuk mewujudkan ini], dan alhamdulillah hasilnya positif,'' tukasnya. (arm)

 

Penulis: Arya Abisatya
Editor: Arya Abisatya