Prabowo dan Gus Muhaimin

PKB dan Gus Muhaimin Penentu Pemenangan Suara Pilpres di Jambi

JAMBI, bungopos.com _ Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Gus Muhaimin diperkirakan akan menjadi penentu kemenangan dalam perebutan suara Pemilihan Presiden (Pilpres) di Jambi. Mengingat, satu-satunya partai yang memiliki dukungan massa dari pemilih NU adalah PKB. 

''Di Jambi ini rata-rata dan mayoritas masyarakatnya adalah NU. Massa NU ini akan menentukan pemenangan suara Pilpres,'' ungkap pengamat politik Unja, Navarin karim kepada media ini. 

Dikatakannya, pada pemilu lalu, mengapa Jokowi berpasangan dengan KH Ma'ruf Amin itu dikarenakan suara NU itu menjadi penentu pemenangan. Massa NU itu sendiri katanya adalah massa kultural dan struktural. 

''Massa kultural boleh dikatakan solid mendukungan Gus Muhaimin,'' terang dosen senior ini.

Sementara itu, sebelumnya pengamat politik dari Universitas Muara Bungo Mulia Jaya MSi juga menyampaikan kemenangan Prabowo sangat ditentukan oleh calon wakil presidennya (Cawapres) yang dipilihnya. Kecenderungan Prabowo menang di kabupaten Bungo lebih besar jika berpasangan dengan gus Abdul Muhaimin Iskandar atau dikenal dengan Gus Imin. 

''Karena Gus Muhaimin ini orang pintar dan juga berasal dari kalangan NU. Saya kira duet Prabowo Cak Imin merupakan pilihan rasional,'' ucap dosen Fisip UMB ini. 

Dikatakannya, faktor ketokohan Cawapres, mempengaruhi prilaku pemilih dalam menetapkan pilihannya. Oleh karena itu pilihan Cawapres yang tepat akan bisa memenangkan pilpres. 

''Dari beberapa survei, terkadang dalam kontestan politik, faktor wakil ternyata banyak mempengaruhi keterpilihan,'' ujarnya. (arm)

Penulis: Arya Abisatya
Editor: Arya Abisatya