SUKSES : Mahasiswa Politeknik Jambi

Bagi Kamu Mahasiswa Baru, Ini Tips Sukses di Bangku Kuliah !

JAMBI, bungopos.com - Bagi kamu yang baru saja memulai kehidupan dibangku kuliah, memang banyak tantangan dan perubahan pola belajar yang harus dihadapi. Perubahan- perubahan ini harus cepat diadaptasi, agar para mahasiswa baru bisa sukses meraih cita-cita. Berikut beberapa tips dari Wakil Gubernur Jambi H Abdullah Sani buat kamu yang baru masuk kuliah. Tipsnya sebagai berikut :

Pertama, karena pembelajaran dikampus lebih fleksibel daripada disekolah, maka jangan terlena dengan keadaan tersebut, tetapi harus bekerja keras untuk mencapai hasil yang baik dan dengan durasi menyelesaikan kuliah secara tepat waktu.

Kedua, harus memiliki visi dalam kuliah, yang akan mendorong untuk mencapai tujuan dan cita-cita, dan hal tersebut turut membantu menentukan milestone (tahapan-tahapan) perkuliahan.

Ketiga, memiliki kompetensi teknis merupakan keharusan, namun selain itu, sangat membantu jika memiliki kompetensi tambahan, termasuk informasi jejaring utuk riset/penelitian, kelompok diskusi dan lingkar studi. Oleh karena itu, jangan sia-siakan bangku kuliah kamu. Karena kuliah jembatan menuju cita-cita. 

Keempat,  mahasiswa dan mahasiswi harus bisa beradaptasi dengan tepat dan cepat dengan kehidupan kampus, karena proses pembelajaran di sekolah (SLTA) sangat berbeda dengan proses pembelajaran di kampus/di perguruan tinggi.

Kelima, mahasiswa-mahasiswi harus membangun pemikiran analitis (analytical thinking), kritis, tidak hanya membaca teks tetapi juga memahami konteks serta bisa memberikan/menawarkan solusi melalui riset. (arm)

 

 

Penulis: Arya Abisatya
Editor: Arya Abisatya