Bantuan sosial Bank Indonesia diserahkan langsung oleh Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jambi, Hermanto. / Balqis

Dua Masjid di Bungo Dapat Bantuan Renovasi dari Bank Indonesia

MUARA BUNGO, bungopos.com – Bank Indonesia membantu dua renovasi masjid di Bungo.

Dua masjid itu adalah Masjid Al - Muhajirin Kabupaten Bungo dan Masjid Salamatul Insan Kabupaten Bungo.

Secara simbolis Program Sosial Bank Indonesia ini diserahkan langsung oleh Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jambi, Hermanto.

Dalam acara ini, sekaligus dilakukan penyerahan Sarana Prasarana Pengolahan Kompos Organik Kepada Gapoktan Kuamang Mandiri Klaster Sapi Kabupaten Bungo dan Demplot serta Sarana Prasarana Budidaya Bawang Merah Kepada Poktan Batu Ampar Bukit Telago Pelepat Kabupaten Bungo.

Penyerahan bersamaan pula dengan kegiatan Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi dan Pangan (GNPIP) tahun 2023 yang digelar di Kabupaten Bungo tepatnya di area car free day Muara Bungo.

Acara GNPIP 2023 ini dilaksanakan oleh Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jambi bekerjasama dengan Pemkab Bungo. Ribuan masyarakat pun hadir dalam acara ini, mulai dari masyarakat umum, para guru dan para ASN di lingkungan Pemkab Bungo, (18/6/2023).

Acara ini diisi dengan banyak aktivitas, mulai dari senam sehat, pasar murah Bulog, bazaar UMKM, bazaar produk pertanian Bungo,  lomba mewarnai, serta banyak doorprize menarik. Juga dilaksanakan kegiatan gerakan makan cabai olahan dengan mendatangkan langsung chef profesional dari Jambi untuk melakukan demo masak menggunakan cabai olahan.

Acara ini dihadiri langsung oleh Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jambi, Hermanto. Dalam kesempatan ini Hermanto dalam sambutannya kembali menggaungkan semangat agar masyarakat Bungo ikut berperan serta mengendalikan inflasi pangan.

Kata Hermanto, upaya pengendalian inflasi sangat membutuhkan peran masyarakat dan juga program pemerintah yang tepat. Inflasi pangan juga memiliki bobot yang cukup besar dari komposisi pengeluaran masyarakat, sehingga pengendalian inflasi akan memberikan dampak sosial yang besar untuk kesejahteraan masyarakat.

Sementara itu, Bupati Bungo H Mashuri SP ME  dalam sambutannya mengapresiasi kegiatan GNPIP yang diinisiasi oleh Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jambi ini, mengingat edukasi terkait peran serta masyarakat untuk ikut berperan membantu menekan inflasi sangatlah penting.

Apalagi melalui acara ini juga digelar banyak program menarik salah satunya adalah pasar murah yang menawarkan harga sembako yang terjangkau untuk masyarakat serta berbagai produk UMKM.

Masyarakat Bungo pun menyambut baik acara GNPIP ini. Ilah, salah satu warga yang hadir mengaku sudah dua kali mengikuti acara GNPIP, pertama pada tahun 2022 lalu.

“Saya sengaja datang karena dapat info dari teman, yang saya kejar di GNPIP ini adalah pasar murah dan doorprizenya, lumayan bisa beli sembako dan beli cabe harga murah,” ujarnya. Ia datang bersama suami dan dua anaknya, sambil mengikuti senam sehat yang dilaksanakan oleh panitia acara.

Acara juga diisi dengan sosialisasi QRIS dan Sosialisasi Cinta Bangga dan Paham Rupiah oleh Bank Indonesia. Masyarakat juga melakukan akuisisi QRIS di stand BI dan berkesempatan mendapat souvenir menarik. (blq)

Penulis: Balqis
Editor: Balqis