SONGKET BUNGO : Unik dan Menarik untuk dijadikan oleh-oleh

Jalan-jalan ke Bungo, Ini Dia Oleh-oleh Paling Hits !

MUARO BUNGO, bungopos.com – jika anda jalan-jalan ke kabupaten Bungo banyak lho oleh oleh menarik yang layak anda beli. Kabupaten yang dipimpin oleh H Mashuri ini merupakan salah satu kabupaten di provinsi Jambi. Dengan ibukota Muaro Bungo, wilayah ini memiliki banyak destinasi wisata favorit. Selain itu juga banyak, sudah tersedia bandara untuk memperlancar transportasi dari ke Bungo.

Keberadaan bandara Bungo ini memiliki arti penting untuk memperlancar arus wisatawan ke Bungo. Baik itu wisatawan domestik maupun multi nasional. Wisata alam yang ada di kabupaten yang berbatasan langsung di provinsi Sumatera Barat ini cukup banyak dan lumayan komplet. ada air terjun, gua alam, hingga sumber air panas. Selain itu, juga banyak tersedia wisata buatan yang juga tak kalah menarik.

Namun, bagi kamu yang suka kuliner, oleh oleh yang satu ini jangan kamu lupakan. Karena belum berkunjung ke Bungo kalau belum menyicip oleh-oleh yang satu ini. Berikuti beberapa oleh-oleh menarik yang patut anda cicipi.

Songket Bungo Tanjung

Songket merupakan bentuk tenunan kain tradisional yang banyak dijumpai di Indonesia, salah satunya di pulau Sumatera. Salah satu kabupaten yang memiliki songket khas yakni Kabupaten Bungo. Songket khas kabupaten Bungo ini dinamakan songket Bungo Tanjung.

Motif songket ini sangat naturalis dengan menonjolkan motif tumbuhan yang banyak dijumpai di Kabupaten Bungo. Misalnya ada motif teratai, motif duren pecah, kapal senggat, burung merak dan lain-lain.

Lempok Durian

Olahan durian dari Bungo tidak kalah menarik untuk dicicipi. Yang terkenal olahan durian dari kabupaten Bungo yakni Lempok durian. Lempok durian dari bungo memiliki tekstur menyerupai dodol. Dan anda  bisa membeli di kota Muaro Bungo.

Seperti diketahui, Lempok durian ini dibuat dengan menggunakan daging durian yang dimasak secara terus menerus di atas kuali. Memang prosesnya bisa memakan waktu berjam-jam hingga kenyal. (arm)

 

Penulis: Arya Abisatya
Editor: Arya Abisatya