Potret perempuan Palestina. (Foto: WAFA)

Setahun Genosida Israel di Gaza: 11 Ribu Perempuan Meninggal

Posted on 2024-10-05 13:37:19 dibaca 78 kali

JAKARTA, bungopos.com - Setahun setelah serangan militer Israel meletus pada 7 Oktober 2023, Palestina masih berjuang untuk bertahan di tengah kehancuran yang meluas. Lebih dari 42 ribu warga Palestina dilaporkan tewas akibat serangan yang intens. Jumlah korban ini mencerminkan kehancuran yang melanda wilayah Palestina, khususnya di Jalur Gaza, mayoritas korban jiwa ditemukan.  

Menurut Palestinian Central Bureau of Statistics (PCBS), korban tewas di Palestina mencapai 42.411 orang. Sebanyak 41.689 di antaranya berasal dari Jalur Gaza, sementara 722 lainnya dari Tepi Barat. Lebih dari 11.458 wanita menjadi korban akibat serangan militer Israel. Selain itu, sekitar 16.891 anak-anak tewas, menambah panjang daftar kelompok rentan yang terjebak dalam kekerasan.  

Menurut laporan dari Oxfam International menyebutkan bahwa jumlah korban perempuan dan anak-anak yang tewas dalam konflik ini mencapai rekor tertinggi, lebih banyak dari konflik-konflik lain yang melanda Gaza selama dua dekade terakhir. Studi yang diterbitkan oleh The Lancet bahkan memperkirakan jumlah kematian di Gaza bisa lebih dari 186.000 jika mempertimbangkan kematian tidak langsung yang disebabkan oleh kelaparan dan kurangnya perawatan medis.  

 “Rekor jumlah perempuan dan anak-anak yang terbunuh di Gaza tidak termasuk mereka di antara hampir 20.000 orang yang tidak teridentifikasi, hilang atau terkubur di bawah puing-puing,” tulis Oxfam, dikutip Sabtu dari NU Online. (***)

Editor: arya abisatya
Sumber: https://www.nu.or.id/
Copyright 2023 Bungopos.com

Alamat: Graha Pena Jambi Ekspres,
Jl. Kapt. Pattimura No. 35 KM. 08
Kenali Besar, Kec. Alam Barajo, Kota Jambi

Telpon: -

E-Mail: bungoposonline@gmail.com