Edi Purwanto

Angkat Tema “Politik Hukum Penyelesaian Konflik Lahan Berkeadilan”, Edi Purwanto Raih Gelar Doktor Ilmu Hukum UNJA

Posted on 2024-09-06 22:11:57 dibaca 149 kali

TELANAIPURA,- Edi Purwanto, Mahasiswa Program Doktor Fakultas Ilmu Hukum (FH) Universitas Jambi (UNJA) yang juga sebagai Ketua DPRD Prov. Jambi dan anggota DPR RI terpilih Dapil Jambi, sukses menyelesaikan ujian disertasi terbuka promosi doktor. Ujian tersebut diadakan di Gedung Prof Dr. Bahder Johan Nasution , S.H., M.Hum., di Universitas Jambi (UNJA) Telanaipura Kota Jambi, pada Jum’at 6 September 2024.

Ujian disertasi terbuka ini menjadi salah satu tahap dalam perjalanan Pendidikan Doktor, Edi Purwanto berhasil menyelesaikan dengan baik ujiannya dengan judul disertasi “Politik Hukum Penyelesaian Konflik Lahan yang Berkeadilan di Indonesia.” Ujian ini diketuai oleh Dr. Usman, S.H., M.H, Sekretaris Dr. Dwi Suryahartati, S.H., M.Kn., dengan lima orang penguji serta didampingi promotor dan co promotor.

Tim penguji pada ujian terbuka ini adalah, Prof. Dr. Putu Gede Arya Sumerta Yasa, S.H., M.Hum., Prof. Dr. Sukamto Satoto S.H., M.H., Prof. Dr. Elita Rahmi, S.H., M.Hum., Dr. Hartati, S.H., M.H., Dr. Rosmidah, S.H., M.H.

Dalam abstraksi disertasinya Edi Purwanto menjelaskan bahwa konflik lahan di Indonesia yang disebabkan oleh ketimpangan penguasaan wilayah lahan dan ketidakpastian hukum terkait kepemilikan lahan, meskipun sudah ada peraturan hukum yang mengatur, masih terdapat ketidakpastian dan ketidakadilan dalam penerapannya, terutama karena kebijakan yang lebih mengutamakan investasi ekonomi dibandingkan kepentingan masyarakat.

Adapun tujuan disertasi tersebut yaitu untuk mengkaji dan menganalisis pengaturan penyelesaian konflik lahan, mengkaji dan menganalisis politik hukum penyelesaian konflik lahan, serta untuk menemukan formulasi penyelesaian konflik lahan yang berkeadilan di Indonesia.

Edi Purwanto mengucapkan rasa syukurnya dan berterima kasih kepada para pihak terutama dalam memberi masukan, dan arahan dalam proses menyelesaikan disertasinya. ia berharap hasil penelitian disertasinya dapat menjadi manfaat bagi masyarakat luas.

Editor: Arya Abisatya
Sumber: https://www.unja.ac.id/
Copyright 2023 Bungopos.com

Alamat: Graha Pena Jambi Ekspres,
Jl. Kapt. Pattimura No. 35 KM. 08
Kenali Besar, Kec. Alam Barajo, Kota Jambi

Telpon: -

E-Mail: bungoposonline@gmail.com