BERMACAM - MACAM : Jenis kerupuk yang banyak disukai oleh orang Indonesia

Kuliner Kerupuk Sangat Populer di Indonesia, Ini Tiga Kuliner Kerupuk Yang Mungkin Kamu Sukai

Posted on 2024-08-23 03:47:56 dibaca 353 kali

JAMBI, bungopos.com - Selain sambal, kerupuk menjadi salah satu pelengkap makan yang hampir tidak pernah lepas dari masyarakat Indonesia. Memiliki tekstur renyah dan rasa gurih, sangat masuk akal jika kerupuk dijadikan sebagai “teman makan” atau pelengkap berbagai hidangan. Berbicara tentang kerupuk, tahukah kamu jika ternyata ada banyak ragam kerupuk yang populer di Indonesia ? Berikut ini tiga kerupuk yang mungkin cukup kamu sukai : 

 

Kerupuk kemplang

Jenis kerupuk Indonesia yang tidak kalah populer adalah kerupuk kemplang. Kerupuk yang berasal dari Palembang, Sumatra Selatan ini terbuat dari perpaduan tepung tapioka dan ikan tenggiri. Itu mengapa, kerupuk kemplang identik dengan aroma ikan yang menggugah selera. Biasanya kerupuk amplang disantap sebagai pendamping pempek, atau camilan dengan dicocol ke dalam sambal terasi khas Bangka. 

Emping

Kalau membahas jenis kerupuk Indonesia, jangan lupa memasukkan emping ke dalam daftar. Pasalnya, jenis kerupuk tradisional yang identik dengan rasa gurih dan agak pahit ini hampir tidak pernah absen menjadi pelengkap soto betawi, bubur ayam, rawon, maupun nasi goreng. Berbeda dengan jenis kerupuk lain, emping menggunakan biji melinjo sebagai bahan utama. Proses pembuatannya dimulai dengan memipihkan melinjo kemudian digoreng. Setelah matang, emping akan menghasilkan tekstur padat dan renyah yang pastinya bikin ketagihan. 

Kerupuk udang

Sesuai dengan namanya, tentu saja kerupuk udang menggunakan udang kecil yang ditumbuk halus sebagai bahan utama. Kerupuk tradisional yang berasal dari Sidoarjo, Jawa Timur ini identik dengan ukurannya yang lebar, tipis, dan berwarna agak merah muda. Berkat rasa dan aroma khas udang yang cukup kuat, kerupuk udang cocok dinikmati bersama berbagai macam makanan khas Indonesia, seperti rawonnasi goreng, maupun lontong opor. (***)

Editor: Arya Abisatya
Sumber: https://www.kemenparekraf.go.id/
Copyright 2023 Bungopos.com

Alamat: Graha Pena Jambi Ekspres,
Jl. Kapt. Pattimura No. 35 KM. 08
Kenali Besar, Kec. Alam Barajo, Kota Jambi

Telpon: -

E-Mail: bungoposonline@gmail.com