ILUSTRASI : Pekerja di bank-bank dengan sistem komputerisasi

Mau Berkarir di Dunia Perbankan ? Ini 10 Jurusan Kuliah Yang Dicari

Posted on 2024-05-10 11:29:21 dibaca 1028 kali

JAMBI, bungopos.com - Meski pekerjaan saat ini semakin beragam, namun menjadi pegawai Bank masih banyak diidam-idamkan. Tak heran jika banyak pertanyaan tentang jurusan kuliah apa yang paling banyak dicari oleh dunia perbankan.

 

Persaingan untuk bekerja di perbankan cenderung tinggi, namun hal itu juga berbanding lurus dengan lowongan kerja di Bank yang juga tinggi. Jadi, kesempatan untuk diterima di Bank sebenarnya juga cukup tinggi.

Sebenarnya, lowongan di Bank banyak yang tidak mengharuskan dari jurusan apa. Bahkan untuk bekerja di Bank, tidak perlu bergelar S1, lulusan SMA/SMK juga bisa menjadi pegawai Bank.

Namun untuk posisi tertentu seperti accounting, IT, atau Perbankan Syariah, jurusan kuliah menjadi syarat wajib. Berikut ini ada 10 jurusan kuliah yang biasanya ditentukan untuk melamar kerja di Bank.

Jika sekarang kamu sedang mempertimbangkan jurusan kuliah lalu saat lulus ingin kerja di Bank, bisa pilih salah satu jurusan berikut:

1. Keuangan dan Perbankan

Dilihat dari nama jurusannya saja, kamu pasti sudah tahu kalau jurusan ini memang kebanyakan dipersiapkan untuk bekerja di bidang keuangan atau perbankan. Biasanya tersedia di tingkat D3 dan D4.

 

Jenjang pendidikan jurusan ini biasanya memang khusus untuk mempersiapkan sumber daya manusia yang siap bekerja. Karena itu, selama kuliah, akan banyak praktek dan magang.

Tidak heran, lulusan dari jurusan tersebut biasanya sebelum lulus kuliah sudah mendapatkan pekerjaan. Ini karena tempat magang sebelumnya memperpanjang masa kontrak kerja ataupun terdapat job fair khusus untuk jurusan ini.

2. Perbankan Syariah

Bank Syariah biasanya memberikan kualifikasi khusus di bagian pendidikan. Hal itu karena Bank Syariah membutuhkan orang skill tentang perbankan syariah yang siap bekerja.

Pengkhususan ini dilakukan karena terdapat aturan khusus yang hanya dipelajari oleh mahasiswa perbankan syariah, seperti akad menabung, hukum dasar secara Islam, dan lainnya.

 

3. Akuntansi

Sudah banyak yang tahu kalau jurusan akuntansi memang identik dengan perbankan. Jurusan ini  mempelajari tentang ilmu hitung yang berkaitan dengan uang.

Mulai dari mengumpulkan, mencatat, mengklasifikasi, menganalisis, hingga membuat laporan keuangan. Sudah pasti dibutuhkan karena itu lulusan jurusan ini sering mendapat ‘Golden Ticket’ saat melamar di Bank.

4. Ilmu Ekonomi

Jurusan yang satu ini juga sangat dicari oleh pihak perbankan. Ada dua jenis ilmu ekonomi yaitu Ilmu Ekonomi Biasa dan Ekonomi Syariah.

Di jurusan ini, kamu akan belajar tentang segala sesuai yang berkaitan dengan ekonomi dan dunia perbankan.

Jika kamu benar-benar bercita-cita untuk menjadi pegawai Bank, mungkin jurusan ini dapat menjadi pertimbangan kamu untuk diambil di bangku kuliah.

 

5. Manajemen

Lulusan manajemen banyak dicari oleh perusahaan perbankan. Hal itu karena lulusan jurusan ini dianggap mampu untuk mengelola beberapa posisi di Bank.

6. Ilmu Komunikasi

Kalau kamu sedang kuliah Ilmu Komunikasi, ini juga salah satu jurusan yang paling dibutuhkan di Bank. Sebuah Bank membutuhkan orang dengan skill public relation, pengelolaan manajemen nasabah, hingga pemasaran.

Nah, posisi-posisi ini biasanya diisi oleh lulusan Ilmu Komunikasi. Masih banyak lagi sebenarnya posisi di Bank yang bisa diisi oleh lulusan Ilmu Komunikasi.

7. Teknik Informatika

Sekarang ini zamannya digital, begitu juga dengan Bank.  Semua Bank rasanya sekarang sudah merambah ke Bank digital.

Ini membuktikan bahwa lulusan dari Jurusan Teknik Informatika akan sangat dibutuhkan di dunia perbankan untuk mengembangkan produk-produk mereka.

8. Hukum

Semua perusahaan membutuhkan tim legal, terutama perbankan. Perusahaan yang bergerak di dunia perbankan harus jeli dan teliti dalam menyusun berbagai aturan legal yang ada.

Baik yang berhubungan dengan internal, client, nasabah, bahkan para investor. Inilah alasannya lulusan Hukum akan banyak dicari oleh bank.

9. Psikologi

Jurusan kuliah yang bisa kerja di Bank selanjutnya adalah psikologi. Lulusan psikologi biasanya akan memiliki kesempatan menempati posisi sebagai HR specialist di Bank.

Kalau kamu merupakan lulusan Psikologi, kamu bisa melamar di posisi ini.

10. Ilmu Komputer

Seperti halnya lulusan Teknik Informatika, lulusan dari Jurusan Ilmu Komputer juga akan banyak dicari oleh Bank untuk menjadi salah satu programmer mereka.

Selain menangani produk Bank digital yang ada, lulusan ini juga bisa ditempatkan di bagian website perusahaan.

 

Demikian penjelasan tentang jurusan apa saja yang paling banyak dibutuhkan oleh Bank. Namun sebenarnya kesempatan masih terbuka lebar untuk kamu yang tidak kuliah di 10 jurusan tersebut.

Editor: Arya Abisatya
Sumber: https://www.ocbc.id/
Copyright 2023 Bungopos.com

Alamat: Graha Pena Jambi Ekspres,
Jl. Kapt. Pattimura No. 35 KM. 08
Kenali Besar, Kec. Alam Barajo, Kota Jambi

Telpon: -

E-Mail: bungoposonline@gmail.com